Indonesia Punya Air Terjun Niagara

Potensi Malang sebagai ikon parawisata terus berkembang, seiring dengan infrastruktur jalan yang membaik antara ibukota Jawa Timur dengan kota bunga tersebut.

Air Terjun Coban Sewu Mirip Niagara
Baru-baru ini ramai dibicarakan netizen tentang tempat wisata alam yang pemandangannya menakjubkan. Mereka mengatakan bahwa Malang kini mempunyai air terjun Niagara!

Anda tak perlu terbang ke AS.

Namanya Coban Sewu atau Air Terjun Seribu. Tapi ini bukan Coban Sewu Pujon. Meski namanya mirip,  Coba Sewu yang ini berada di Dusun Jagalan,Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Malang.
Lokasi berbatasan dengan Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang.

Sudah pernah mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang? Sebenarnya baik Cuban Sewu maupun Tumpak Sewu merupakan air terjun yang sama. Namun karena tempatnya yang membentang di kedua kabupaten, maka untuk air terjun yang ada di sisi kanan ikut wilayah Malang dan sisi yang kiri ikut wilayah Lumajang. Jadi tatkala Anda mengunjungi Coban Sewu maka yang Anda lihat adalah air terjun di Lumajang, sementara yang jika ke Tumpak Sewu maka yang nampak adalah air terjun yang di Malang.

Jangan bingung ya?

Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu bisa didatangi dari arah Malang maupun Lumajang. Kurang lebih 2 jam perjalanan. Jika dari arah Malang jalur menuju Coban Sewu searah dengan jalur yang menuju ke Pantai Banyu Anjlok.

Nantinya ada banyak plakat besar yang menjadi petunjuk untuk ke air terjun ini. Jadi tak usah bingung lagi. Anda juga bisa menggunakan GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) alias bertanya kepada orang-orang yang dengan ramah akan membantu menunjukkan arah.

Lalu bagaimana dengan penginapan? Jangan khawatir, mau dari Malang ataupun Lumajang,banyak hotel murah dan baik sepanjang perjalanan.

Dari jalan raya, selanjutnya Anda akan bertemu gang dengan lebar seluas dua mobil yang berdampingan. Setibanya di tempat parkir Anda bisa memilih sejumlah jalur untuk menuju ke lokasi air terjun. Masing-masing jalur menawarkan tantangan tersendiri. Di artikel ini akan dibahas jalur dari Ampelgading.

Jalan setapak menuju lokasi
Anda harus mempunyai stamina yang kuat dan ekstra hati-hati untuk bisa menyaksikan keindahan Coban Sewu. Akses dari Ampelgading berupa jalan setapak yang membelah perkebunan milik warga. Sebaiknya gunakan sandal gunung lantaran konturnya  yang landai dan berbatu. Usai berjalan sejauh 50 meter, Anda akan menemukan turunan tangga yang terbuat dari tanah. Suara dan penampakan air terjun, yang meski masih jauh, sudah terlihat dari sini. Di ujung jalan setapak tersebut Anda akan menemui dua persimpangan dimana sisi yang kiri merupakan jalan menuju ke Gua Air Suci. Pilihlah jalur yang lurus.

Selanjutnya Anda akan menemukan sebuah spot corner untuk tempat beristirahat dengan bangku panjang yang terbuat dari bambu. Dari sinipun Anda sudah bisa melihat jajaran air terjun Coban Sewu.

Omong-omong kenapa disebut Coban Sewu? Air terjun ini memiliki beberapa terjunan lebih dari satu yang saling berdampingan. Meski jumlahnya tak sampai seribu namun karena lokasinya yang berdempetan dan dalam jumlah yang banyak membuat masyarakat menyebutnya sebagai air terjun seribu. Dan hal ini pula yang membuat banyak orang menyebutnya sama dengan Air Terjun Niagara.

Jangan puas dulu dengan pemandangan yang Anda nikmati di spot corner. Karena dengan berjalan lurus sedikit lagi dan mengikuti turunan, Anda bisa sampai di spot utama. Dan inilah pemandangan yang betul-betul menakjubkan.

Best view dari sini
Sayangnya kita tak bisa menikmati kesegarannya. Di sekitar spot utama dipasang pagar bambu demi menghindari tindakan ekstrim para pengunjung. Karena lokasinya yang berada di atas tebing, jika mereka tak berhati-hati bisa terpeleset dari atas sini.

Yah, Coban Sewu bisa menjadi pilihan untuk traveler yang ingin sekali pergi ke Air Terjun Niagara tapi kantong terbatas.

Disadur dari : Wisatajatim.com
Indonesia Punya Air Terjun Niagara Indonesia Punya Air Terjun Niagara Reviewed by Handi Cahyono on 8:22 PM Rating: 5

Latest in Sports